Jumat, 15 Februari 2013

Jurnal merupakan kegiatan pencatatan yang dilakukan per periode akuntansi untuk mencatat berbagai macam transaksi dalam periode tersebut. Namun terkadang ada yang masih kesulitan dalam memahami pencatatan dalam jurnal umum. Buat adik-adik saya yang SMA, ada sedikit metode untuk kalian cepat memahami jurnal umum

Perhatikan Tabel Dibawah ini
Nama Akun

  Kas
  Utang
  Modal
  Pendapatan
  Biaya/beban
Bertambah

Debit
Kredit
Kredit
Kredit
Debit
Berkurang

Kredit
Debit
Debit
Debit
Kredit

Pahami tabel diatas, saya jelaskan sedikit
Misal saja contaohnya akun kas, mengapa bertambah ada di Debit dan berkurang ada di Kredit, apa maksudnya ? Maksudnya seperti ini, kas adalah akun harta, semua akun harta jika bertambah akan masuk ke Debit dan bila berkurang akan masuk ke Kredit. Masih belum jelas ?

Ok, saya kasih sedikit ilustrasi contoh transaksinya
"Pada tanggal 27 Oktober 2012, perusahaan mebel "ORLANDO" membeli sebuh peralatan seharga Rp. 2.000.000,00 secara tunai."

Penyelesaian :
Peralatan termasuk akun harta, kita lihat lagi diatas, semua akun harta bila bertambah maka akan dicatat dalam jurnal umum ke sebelah Debit. Maka, peralatan sejumlah Rp. 2.000.000,00 tadi kita catat ke jurnal umum sebelah Debit sesuai tabel diatas.
Dan akun pengimbangnya (kredit) kita taruh kas. Mengapa ? Kas adalah harta, dan logikanya "jika perusahaan mengeluarkan uang maka yang berkurang adalah kas."
Nah jika dianalisis menjadi seperti berikut

Lihat tabel berikut
Akun

 Peralatan
                  Kas 
 D

  2.000.000,00  

K


  2.000.000,00  

Bagaim ana sekarang, apakah sudah jelas ? Jika masih bingung bisa tanya-tanya lagi sama saya disini saya akan berusaha menjelaskannya semampu saya jika kamu mau bertanya, dengan senang hati saya akan coba menjelaskan sama adik-adik. Ok, sampai disini dulu permbelajaran akuntansi kita hari ini, terima kasih sudah mau belajara bareng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar